Beberapa Usaha Sampingan Mahasiswa

Kategori │pengembangan diri

Memiliki usaha di usia muda merupakan salah satu prestasi tersendiri bagi mahasiswa. Sebab, mahasiswa umumnya punya kesibukan utama yakni sebagai mahasiswa yang harus belajar di perguruan tinggi.

Namun, ada banyak mahasiswa yang nyatanya tidak menghabiskan waktunya di bangku kuliah hanya sekedar kuliah tanpa ada aktivitas lain. Ada berbagai macam kesibukan yang dilakukan oleh mahasiswa, salah satunya adalah dengan membuka bisnis kecil-kecilan.

Usaha kecil-kecilan ini bisa dikatakan usaha sampingan yang mana menjadi seorang mahasiswa adalah pekerjaan utama. Berikut ini beberapa usaha sampingan bagi mahasiswa yang bisa dikerjakan:

1. Membuka Jasa Foto Copy dan penyedian ATK
Beberapa mahasiswa yang memiliki minat di dunia usaha biasanya ada yang berkecimpung dan membuka usaha dengan membuka jasa foto copy dan penyediaan Alat Tulis Kantor (ATK).

Usaha ini terbilang familiar dan banyak tumbuh di sekitar kampus karena banyaknya kebutuhan mahasiswa, mulai dari print tugas, makalah dan melengkapi peralatan kuliah yang habis pakai.

Usaha ini terbilang mudah namun memiliki tantangan untuk mendapatkan lokasi usaha yang strategis. Umumnya usaha seperti ini dibuat di dekat kampus untuk memudahkan akses bagi mahasiswa.

2. Jasa Buat Website
Perkembangan teknologi memang sangat luar biasa. Hal ini membuat mahasiswa sebagai kaum muda yang memiliki kesempatan belajar yang banyak merupakan salah satu aktor utama perkembangan teknologi sekarang.

Dengan adanya internet maka kebutuhan akan berbagai informasi sangat dibutuhkan. Nah, salah satu usaha yang biasanya juga digeluti oleh mahasiswa adalah jasa pembuatan website.

Ini banyak dilakukan oleh mahasiswa yang memang berkecimpung di bidang tersebut seperti anak informatika dan yang sejenis.

Usaha ini terbilang bagus, sebab semakin banyak akan permintaan pembuatan website. Dan biasanya jasa ini tidak sampai pada pembuatan website, namun juga sampai pada proses optimasi website. Semisal pembuatan konten, dll.

3. Jasa Sablon
Peluang usaha ini juga muncul karena permintaan kaos di kalangan mahasiswa dan civitas kampus terbilang banyak. Permintaan itu disebabkan banyak mahasiswa yang bergelut di dunia organisasi. Sehingga kebutuhan akan adanya simbol organisasi berupa kaos atau baju merupakan hal yang wajib.

Salah satu usaha sablon kaos Makassar contohnya. Usaha ini melayani berbagai macam orderan pembuatan kaos, baju, almamater, PDH dan baju komunitas.

Prospek usaha ini terbilang masih terbuka lebar. faktor terpenting usaha ini adalah keunggulan jasa dan desain yang bagus dan mengikuti perkembangan zaman.

Nah, demikianlah beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa ditengah kesibukannya. Sebenarnya masih banyak usaha lain yang dilakukan oleh mahasiswa.




  • Berpikir Secara Jernih

    Kategori │pengembangan diri

    Dalam menyelesaikan suatu masalah dibutuhkan pikiran jernih untuk menuntaskannya. Oleh karena itu kejernihan dalam berpikir sangat diutamakan.

    Sebab semua itu, syariah Islam secara tegas sangat menjaga akal manusia dari kerusakan. Salah satu hal ini dapat kita pahami bahwa dalam Islam, seseorang tidak boleh diambil keputusannya jika ia belum baligh. Ia tidak bisa dijadikan seorang pemimpin jika memang belum sampai sempurna akalnya untuk berpikir.

    Selain itu, Islam juga melarang bagi pemeluknya untuk mengkonsumsi hal-hal yang bisa mencegah dirinya berpikir jernih. Seperti, larangan bagi ummatnya untuk mengkongsumsi minum-minuman keras, narkoba dan hal-hal yang mempunyai efek memabukkan.

    Semua itu tiada lain agar manusia bisa berpikir dengan jernih. Akal manusia merupakan anugerah Allah yang sangat besar bagi ummat manusia. ia pun menjadi pembeda antara manusia dengan hewan.

    Untuk berpikir dengan jernih tidak hanya dengan menjaga asupan makanan atau minuman yang bisa menghalangi fungsi akan untuk berpikir dengan baik, namun juga suasana hati pun harus ditata sedemikian rupa agar keputusan yang diambil juga merupakan keputusan yang adil dan mantap.

    Hal ini dikarenakan suasana hati yang tidak kondusif, semisal terlalu emosional akan membuat keputusannya terhadap suatu perkara bisa menjadi tidak adil. Disaat hatinya sedih, akan membuat ia malas untuk menggunakan akalnya untuk berpikir lebih jauh. Dan disaat marah misalnya, akan membuat ia berpikir pendek terhadap suatu hal. Singkatnya, hati tenang berpikirpun menjadi jernih.

    selain faktor di atas, untuk berpikir dengan jernih seseorang harus tahu dengan mendalam tentang fakta yang ia inderai. ia tidak boleh hanya melihat sebatas kasus atau obyek berpikir hanya sebatas pada bagian permukaan saja. Pemikirannya harus mendalam dan cemerlang.

    Semisal, disaat ia ingin menikah. Ia dikatakan berpikir dangkal jika hanya melihat perempuan atau laki-laki hanya sebatas pada tampilan fisik saja. Cantik atau gantengnya.

    Ia bisa dikatakan berpikir secara mendalam setelah meneliti lebih jauh tentang hal itu semua. Semisal ia tambah dengan mengetahui lebih jauh sifat-sifat orang tersebut, apakah termasuk memiliki pribadi yang baik atau dalam keseharian pribadi dan karakternya termasuk buruk.

    Demikianlah uraian singkat mengenai berpikir jernih ini. Semoga memberi manfaat bagi pembacanya.