Beberapa Usaha Sampingan Mahasiswa

Kategori │pengembangan diri

Memiliki usaha di usia muda merupakan salah satu prestasi tersendiri bagi mahasiswa. Sebab, mahasiswa umumnya punya kesibukan utama yakni sebagai mahasiswa yang harus belajar di perguruan tinggi.

Namun, ada banyak mahasiswa yang nyatanya tidak menghabiskan waktunya di bangku kuliah hanya sekedar kuliah tanpa ada aktivitas lain. Ada berbagai macam kesibukan yang dilakukan oleh mahasiswa, salah satunya adalah dengan membuka bisnis kecil-kecilan.

Usaha kecil-kecilan ini bisa dikatakan usaha sampingan yang mana menjadi seorang mahasiswa adalah pekerjaan utama. Berikut ini beberapa usaha sampingan bagi mahasiswa yang bisa dikerjakan:

1. Membuka Jasa Foto Copy dan penyedian ATK
Beberapa mahasiswa yang memiliki minat di dunia usaha biasanya ada yang berkecimpung dan membuka usaha dengan membuka jasa foto copy dan penyediaan Alat Tulis Kantor (ATK).

Usaha ini terbilang familiar dan banyak tumbuh di sekitar kampus karena banyaknya kebutuhan mahasiswa, mulai dari print tugas, makalah dan melengkapi peralatan kuliah yang habis pakai.

Usaha ini terbilang mudah namun memiliki tantangan untuk mendapatkan lokasi usaha yang strategis. Umumnya usaha seperti ini dibuat di dekat kampus untuk memudahkan akses bagi mahasiswa.

2. Jasa Buat Website
Perkembangan teknologi memang sangat luar biasa. Hal ini membuat mahasiswa sebagai kaum muda yang memiliki kesempatan belajar yang banyak merupakan salah satu aktor utama perkembangan teknologi sekarang.

Dengan adanya internet maka kebutuhan akan berbagai informasi sangat dibutuhkan. Nah, salah satu usaha yang biasanya juga digeluti oleh mahasiswa adalah jasa pembuatan website.

Ini banyak dilakukan oleh mahasiswa yang memang berkecimpung di bidang tersebut seperti anak informatika dan yang sejenis.

Usaha ini terbilang bagus, sebab semakin banyak akan permintaan pembuatan website. Dan biasanya jasa ini tidak sampai pada pembuatan website, namun juga sampai pada proses optimasi website. Semisal pembuatan konten, dll.

3. Jasa Sablon
Peluang usaha ini juga muncul karena permintaan kaos di kalangan mahasiswa dan civitas kampus terbilang banyak. Permintaan itu disebabkan banyak mahasiswa yang bergelut di dunia organisasi. Sehingga kebutuhan akan adanya simbol organisasi berupa kaos atau baju merupakan hal yang wajib.

Salah satu usaha sablon kaos Makassar contohnya. Usaha ini melayani berbagai macam orderan pembuatan kaos, baju, almamater, PDH dan baju komunitas.

Prospek usaha ini terbilang masih terbuka lebar. faktor terpenting usaha ini adalah keunggulan jasa dan desain yang bagus dan mengikuti perkembangan zaman.

Nah, demikianlah beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa ditengah kesibukannya. Sebenarnya masih banyak usaha lain yang dilakukan oleh mahasiswa.


  • Artikel (pengembangan diri)dari kategori yang sama
     Berpikir Secara Jernih (2016-09-12 18:50)


    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Beberapa Usaha Sampingan Mahasiswa
      Komentar(0)